HASILKAN 3-4 DIGIT DOLAR TANPA MODAL!

Ebook Gratis Fiverr3-4 Digit Dolar? Tanpa Modal?! Benar. Saya tidak bohong, semua rahasia ada di dalam Ebook ini.
Masukkan saja Email Anda dan akan saya kirimkan Ebooknya, GRATIS!

    Juga di dalam Ebook ini:
  • Bagaimana Memulai Bisnis Fiverr
  • Bagaimana Menciptakan Penjualan Gig Pertama di Fiverr
  • Bagaimana Meningkatkan Penjualan Gig di Fiverr
  • Fitur-fitur Fiverr yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan konversi sales
  • Jangan sampai ketinggalan!

5 Hal yang Harus Dihadapi Sebagai Seorang Penulis dan Bagaimana Cara menghadapinya

kendala menjadi penulis produktif

Anda seorang Penulis ?

Dalam hal menulis, ternyata banyak hal yang harus diperhatikan dengan seksama. Baik dari kualitas, kuantitas, maupun hasil dari tulisan tersebut. Namun dalam pengerjaannya, ternyata masih banyak hal yang sering dianggap remeh oleh para blogger, sehingga apa yang mereka hasilkan, tidaklah sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Maka dari itu, kali ini saya akan membeberkan 5 Kendala Menjadi Penulis Produktif, Exclusively on kejarduit.com.

#1 Waktu yang Minim

“Setiap menit yang Anda gunakan untuk perencanaan menghemat 10 menit dalam pelaksanaan dan memberi Anda pengembalian sebesar 1.000%” – Brian Tracy

Waktu merupakan hal terpenting yang paling didambakan bagi seorang penulis, bahkan waktu juga bisa menghancurkan kesuksesan mereka, meskipun mereka tidak akan pernah cukup dengan waktu yang disediakan. Ya, memang benar apa yang dikatakan Jim Rohn..

“Waktu adalah uang. Anda bisa menambah uang Anda, Namun Ingat ! Anda tidak akan bisa menambah waktu Anda.”

Dengan kata lain, mustahil bagi seseorang untuk mendapat kesuksesan bila dirinya tidak menghargai waktu, bukan ?

Sepanjang hari kita memiliki waktu yang sama, yakni 24 jam perhari, 168 jam per minggu, 720 jam per bulan, dan 8760 jam per tahun. Anda bisa menggunakannya dengan bijak, atau membuangnya dengan menyia-nyiakan waktu yang Anda miliki sekarang meskipun Anda sudah mengetahuinya.

Solusi : Satu-satunya cara yang dilakukan para penulis sukses yakni dengan terus menghitung waktu mereka dan tetap fokus pada topik. Anda bisa membuat tabel waktu kegiatan maupun poster atau apapun yang bisa membuat Anda tetap menghargai waktu. Maka dari itu, Gunakanlah waktu Anda dengan bijak. Maka target Anda dalam mencapai kesuksesan sebagai penulis akan terpenuhi.

#2 Vacuum Of Idea

Mungkin masalah terpenting adalah Waktu, namun masalah yang tak kalah pentingnya yaitu Ide. Maksud saya disini adalah kehabisan ide, kekosongan ide, atau dalam arti lain disebut juga dengan ‘Vacuum Of Idea’.

Masalah ide, mungkin Anda sudah mengenalnya jauh-jauh hari, sebelum membaca artikel ini. Namun ternyata, Fakta mengatakan bahwa meskipun Anda sudah berkenalan dengan Vacuum of Idea ini saya yakin Anda belum mengerti solusinya. Anda hanya bisa meratapi nasib Anda sambil menunggu waktu untuk menyiapkan segalanya. Dan akhirnya, Anda menjadi tidak optimal dalam menulis ide yang Anda siapkan tadi, bukan ?

Solusi : Sering-seringlah untuk mengunjungi blog orang lain disekitar Anda yang memiliki blog dengan niche / tema yang sama dengan Anda. Kemudian jangan lupa untuk berkomentar juga. Biasanya cara ini akan sangat membantu Anda dalam menemukan topik bahasan yang cocok untuk blog Anda.

Selanjutnya, Anda bisa mulai membaca buku-buku atau sekedar browsing di internet mengenai apa yang ingin Anda bahas.

Ingat, yang saya maksud bukan copy-paste, tapi hanya ingin memunculkan sebuah kreativitas dalam menulis konten.

#3 Serangan Penyakit

Ketika Anda terserang penyakit, apa yang bisa Anda lakukan ? Istirahat dengan berbaring berjam-jam di kamar ?

Ya, itu dia. Memang faktanya, penyakit biasanya menyerang pada kondisi tubuh saat tidak fit. Mungkin kebanyakan penulis sering lupa waktu saat sedang menulis suatu artikel. Apalagi menulis saat kondisi tidak mendukung.

Kemudian Anda pergi ke dokter untuk berobat. Lalu, apa yang terjadi ? Dokter tersebut memberikan saran yang ‘hebat’ bukan ? Anda harus istirahat dengan tidak banyak gerak untuk saat ini. Benar ?

Kesimpulannya, Anda tidak bisa menulis blog Anda dengan kualitas yang baik ketika Anda jatuh sakit, sampai Allah SWT memberi kesehatan pada Anda, bukan? meskipun sebenarnya Anda tidak tahu sama sekali berapa lama tepatnya kesehatan itu akan datang.

Solusi : Akan selalu ada solusi yang sangat berguna bagi Anda, misalkan dengan menyiapkan semuanya disaat Anda sedang jatuh sakit. Ingat ! saya hanya bicara menyiapkan, bukan memaksakan. Memaksakan hanya akan membuat kualitas tulisan yang jelek, dengan respon yang jelek pula. Maka dari itu, lebih baik Anda menyiapkan segala sesuatu untuk masa sehat Anda besok :D

#4 Gangguan Luar Dalam

Mungkin gangguan sudah biasa terjadi di sekitar Anda. Namun, apakah Anda sudah menyadari bahwa gangguan ini akan berakibat sangat fatal ?

Misalkan Anda saat ini sedang di depan komputer untuk menulis artikel yang sejak tadi malam belum selesai. Lalu tiba-tiba anak Anda menghidupkan TV dengan volume yang begitu Anda dengar, Anda langsung mengerti acara yang ditampilkan adalah acara kesukaan Anda. Anda langsung melupakan tulisan Anda dan menelantarkannya sementara Anda sendiri -yang seharusnya melanjutkan- terhipnotis oleh acara di TV tersebut.

Selain TV, di zaman yang serba modern ini tentunya gangguan yang ada sangatlah bervariasi, mulai dari Facebook, Twitter, yang dengan mudahnya kita teralihkan olehnya. Meskipun teknologi-teknologi terbaru yang dikeluarkan terlihat menyenangkan, padahal sebenarnya mereka bisa menjadi sangat mematikan ! Maka dari itu, berhati-hatilah!

Solusi : Cobalah untuk menggunakan beragam cara yang dapat mempertahankan diri Anda, seperti menggunakan headset dengan musik yang menyejukkan saat sedang menulis, ataupun hal lain yang bisa melindungi Anda.

Juga jangan terlalu menutupi diri, tetap buka Twitter Anda, tetap buka Facebook Anda, serta merta tetap buka Email Anda, dengan waktu yang cukup tanpa merasa terganggu.

#5 Perasaan Bosan

Mungkin saat pertama kali menjadi penulis Anda merasa bersemangat dan bergairah dalam menulis sebuah artikel. Tiap hari, mulai pagi sampai sore, tak henti-hentinya Anda menulis. Benar ?

Namun, setelah beberapa bulan berlalu, apa yang terjadi ? Anda mulai merasa bosan ? Ya. Hal inilah yang menentukan sukses tidaknya Anda. Bila perasaan bosan mulai menghampiri, kebanyakan blogger menghentikan aktivitasnya, dengan kata lain, dia mulai ‘pensiun’ dalam hal menulis. Tetapi bila dia tetap tegar menulis -walaupun terpaksa- akan menjadikannya seorang penulis yang handal.

Merasa nganggur, bosan, layaknya peribahasa :

“Hidup segan mati tak mau”

Namun setidaknya, Anda bisa mulai tersenyum sekarang, karena saya memiliki solusinya :)

Solusi : Anda tahu, mengambil langkah menghindar jauh lebih baik ketimbang mengambil langkah memperbaiki. Jadi sebaiknya, jadikan menulis sebagai hobi yang menyenangkan bagi Anda. Selalu utamakan kenyamanan, sehingga aura yang Anda keluarkan saat menulis pun akan dirasakan setiap orang yang membacanya.

Bila Anda terlalu bosan menulis, setidaknya cobalah keluar dari “penjara” Anda. Hirup udara segar di pagi hari, lakukan senam pagi, maka Anda akan mendapatkan diri Anda lagi. Namun bila masih tidak berpengaruh terhadap penyakit ini, Anda bisa lakukan piknik kecil-kecilan bersama keluarga, maupun piknik besar-besaran bersama rekan kerja.

Meskipun dalam piknik itu sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun bila ingin dapat kehidupan Anda lagi, apa salahnya coba ?

Hal yang harus Anda lakukan : Luangkan sedikit waktu Anda untuk membagikan artikel ini ke sekitar Anda dengan tombol-tombol dibawah, alangkah senangnya saya bila mereka juga bisa mengatasi hal-hal yang memang bisa berakibat fatal bagi mereka bila tidak segera diatasi.

Bagaimana menurut Anda?

email

Suka dengan artikel diatas?

Pastikan Anda termasuk dalam daftar email newsletter kami dan dapatkan info tiap kali artikel kami update

*email konfirmasi akan dikirimkan ke email Anda setelah ini, maaf kami juga benci spam

About Muflich Kamil

- Seorang part-time blogger yang terus berharap bisa menjadi full-time blogger yang terbaik. Memiliki ketertarikan yang lebih pada SEO, Web design, dan Marketing. Tetap terhubung dengan saya di Google+ | Ingin berlangganan artikel sekarang? Klik disini.

Baca sebelum berkomentar: Per tanggal 15 Juni 2012, komentar yang menggunakan nama judul situs/keyword produk/nama palsu atau dengan sengaja mengisi kolom yang ada untuk kepentingan promosi dan backlink semata dengan sangat berat hati akan saya hapus. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Speak Your Mind

*